Mengenal Bahasa Pemograman Erlang - Mexious Media | News, Media IT & Share Knowledge
BLANTERWISDOM101

Mengenal Bahasa Pemograman Erlang

Wednesday, 20 September 2017


Assalamualaikum wr.wb

   Hai Sahabat Mexious, Kali Ini Saya Akan Membuat Artikel Pengenalan Terhadap Bahasa Pemograman ya bisa dibilang sih jarang didengar kayaknya hahah. yaitu bahasa erlang, nah apa itu? yuk simak....
  

   Erlang adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Ericsson. Beberapa dekade lalu, Ericsson membutuhkan suatu bahasa pemrograman yang bisa memciptakan aplikasi-aplikasi dengan performa yang tinggi, high availability, near zero downtime, untuk digunakan pada operasional industri telekomunikasi. Setelah meneliti bahasa-bahasa yang ada waktu itu, tidak ada 1 pun yang memenuhi kriteria yang diinginkan, sehingga Ericsson memutuskan untuk menciptakan Erlang.



    Erlang adalah bahasa pemrograman yang berparadigma fungsional. Bahasa yang berparadigma fungsional sangat berbeda dengan bahasa yang berparadigma prosedural seperti C atau OO seperti C++ atau Java. Pada bahasa yang berparadigma fungsional, fungsi memegang peranan yang dominan. Salah satu contohnya adalah fungsi dapat menjadi parameter fungsi lain atau menjadi return dari fungsi lain. Paradigma fungsional cenderung lebih ekspresif dibandingkan prosedural atau OO yang berfokus kepada ‘langkah-langkah’.

   Erlang digunakan untuk menciptakan aplikasi-aplikasi ‘server-side’ yang sangat reliable, high-perfomance, dan scalable. Satu contoh, aplikasi AXD301 dari Ericsson yang menggunakan Erlang mencapai 99,9999999% uptime. Artinya AXD301 dalam setahun hanya down selama kurang lebih 30 millisecond. Bayangkan, dalam 1 tahun, tidak sampai 1 detik! Contoh lainnya, aplikasi mobile chatting WhatsApp juga menggunakan Erlang. Untuk setiap mesin server WhatsApp, dapat menangani 1 juta koneksi dari Client, dan setiap satu server baru ditambahkan, berarti Server dapat menangani 1 juta client lagi.



   Menurut situs Erlang di http://www.erlang.org, disebutkan bahwa Erlang merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi bersifat real time system, dengan single assignment, dynamic typing, dan konkurensi. Pada awalnya bahasa Erlang digunakan di lingkungan Ericsson, salah satu pemain lama di dunia telekomunikasi, dan bahasa ini bersifat tertutup. Maka tidak heran jika ada yang menganggap bahwa Erlang merupakan singkatan dari Ericson Language. Padahal sejatinya bahasa pemrograman ini dibuat oleh ilmuwan komputer bernama Agner Krarup Erlang.


Nah Itulah Sedikit Penjelasan Mengenai Bahasa Erlang, Update Terus Blog Mexious, dan dapatkan informasi menarik seputar dunia IT

Wassalamualaikum wr.wb


Share This :
Muhammad Rifky Abimayu

Author Mexious Media. Mexious Media merupakan sebuah organisasi yang bergerak dibidang dunia IT, terutama untuk para DevOps & Programmer. Kami juga membuat banyak applikasi, yaitu WHOIS Tools & FreeDDNS .

Mohon Berkomentar Untuk Sopan Dan Tidak Menggunakan Link Aktif