Membuat dan Menampilkan Directory Dengan Menggunakan PHP - Mexious Media | News, Media IT & Share Knowledge
BLANTERWISDOM101

Membuat dan Menampilkan Directory Dengan Menggunakan PHP

Friday, 6 October 2017

Assalamualaikum wr.wb

   Hai Sahabat Mexious, ! Pada Kesempatan kali ini saya akan mengenalkan 2 fungsi yang mungkin dibutuhkan untuk melakukan operasi pada file sistem. Fungsi pertama mkdir() untuk membuat direktori, mirip seperti perintah mkdir pada Linux dan md pada CMD Windows. Fungsi kedua scandir() untuk menampilkan direktori, mirip seperti perintah ls dan dir pada terminal ataupun CMD


Dukung Kegiatan Mexious Dengan Mengklik Iklan Di Laman Ini




Ok Sebelum Praktek Mohon Maaf Saya Akan Mempraktekannya Melalui cPanel, Karena Xampp Saya Belum Di Install Pasca Install Ulang OS :D

Membuat Direktory

Mari kita mulai percobaan pertama, membuat direktori denga fungsi mkdir(). Fungsi ini dapat kita berikan parameter berupa string yang akan menjadi nama direktorinya. Direktori akan dibuat pada lokasi skrip PHP itu berada dan juga bisa di lokasi (path) tertentu. Fungsi mkdir() akan mengembalikan nilai true apabila berhasil membuat direktori dan false apabila gagal.


Contoh :
<?php mkdir(contoh_direktori); ?>

Melihat Isi Direktory



Setelah kita mengetahui cara membuat direktori, selanjutnya kita akan coba fungsi scandir() untuk melihat direktori. Fungsi ini mengembalikan hasil berupa array.

Contoh :


<?php
$dir = scandir(contoh_direktori);
print_r($dir);
?>
Output Yang Dihasilkan :

Array
(
    [0] => .
    [1] => ..
    [2] => contoh.live 
)
Terdapat satu isi, berupa direktori (pada indeks ke-2). Sedangkan indeks ke-0 dan 1 adalah link yang mengarah ke direktori itu sendiri dan direktori di atasnya.

.  = direktori itu sendiri
.. = direktori di atasnya
Dari Hasil Yang Di Buat Tadi, Berikut Bukti Dari Gambarnya...

Gambar Output


Gambar Di Directory Asli


Nah... Kesimpulan Dari Proses Yang Kita Buat Ialah Pembuatan direktori dengan PHP dilakukan dengan fungsi mkdir() dan untuk melihat isi direkotri dilakukan dengan fungsi scandir(). Dua fungsi tersebut dapat diterapkan pada pembuatan sistem manajemen file berbasis web. 

Oke. Update Terus Blog Mexious, dan Jangan Lupa Klik Iklan Di Laman Ini Untuk Dukung Kegiatan Mexious, 

Wassalamualaikum wr.wb
Share This :
Muhammad Rifky Abimayu

Author Mexious Media. Mexious Media merupakan sebuah organisasi yang bergerak dibidang dunia IT, terutama untuk para DevOps & Programmer. Kami juga membuat banyak applikasi, yaitu WHOIS Tools & FreeDDNS .

Mohon Berkomentar Untuk Sopan Dan Tidak Menggunakan Link Aktif