Asal Usul Terciptanya Favicon - Mexious Media | News, Media IT & Share Knowledge
BLANTERWISDOM101

Asal Usul Terciptanya Favicon

Sunday, 19 November 2017

Assalamualaikum wr.wb

  Hai Sahabat Mexious, kali ini saya akan Menuliskan artikel yaitu Mengenai Asal Usul Terciptanya Favicon Nih... tau kan favicon? ah masa kamu developer gak tau favicon xixixix

Favicon merupakan sebuah gambar yang digunakan sebagai icon website yang biasanya ada pada title bar browser. Dua browser terbesar netscape navigator dan microsoft internet explorer pada tahun 1999 memang saling bersaing untuk menguasai pasar dunia. Saat bulan maret 1999 microsoft meluncurkan sebuah browser yang bernama internet explorer 5 yang secara otomatis terpasang pada sistem operasi windows.

persaingan antar kedua browser tersebut mengundang developer harus lebih bereksperimen dengan fitur yang canggih dan baru dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dan bersaing secara lebih dari pesaingnya.






Karena Eksperimen tadi seorang developer bernama bharat shyam orang microsoft membuat sebuah fitur favorite sederhana. Di Browser Internet explorer 4, pengguna dapat menambahkan sebuah website ke daftar favorit mereka, tiruan dari fitur bookmark netscape. Tapi sayang kedua browser tersebut masih belum bisa menemukan fitur agar dikenali user.


Seiring berjalannya waktu,shyam mendapat ide untuk menambahkan fitur sebuah icon kecil disebelah nama website didaftar favorit. Icon nya memiliki ukuran sebesar 16 x 16px yang dapat membantu pengguna lebih muda mengenal satu website dengan website lain agar tidak keliru. Fitur ini diberi nama "favicon" oleh shyam, Favicon ini merupakan sebuah campuran antara "favorite" dan "icon" jadi "FavIcon". File favicon yang akan dipasang diwebsite di buat dengan ekstensi .ico (favicon.ico).

Pada malam hari shyam memanggil seorang junior project manager yang bernama ray sun agar melihat fitur ini, Karena sangat menyukai fitur ini sehingga sun tanpa meminta ijin ke managernya untuk menambahkan fitur ini ke versi internet explorer versi selanjutnya yaitu (Internet Explorer 5).

Esok hari sun pun ditegur oleh manager lain karena mengijinkan fitur baru ini dengan cepat. Syham tahu program managernya mungkin tidak akan menawarkan ijin untuk membawa fitur baru ini. Akan tetapi fitur favicon ini telah terlanjur di merge.







Seiring waktu berjalan, ternyata fitur favicon ini banyak disukai oleh para developer dan perusahaan besar. Perusahaan besar yang pertama menggunakan fitur favicon yakni Yahoo.

Selain mempermudah mengenal antara satu website dengan website yang lain di daftar favorit, favicon juga bisa menghitung ada jumlah orang yang  berkunjung pada suatu web.



Menaruh gambar favicon ke root directory web server mungkin terbilang sulit untuk beberapa kasus, lalu pihak w3c pun mengganti atribut tersebut dengan menggunakan elemen link  atribut. link ini dapat mencari dimana letak gambar favicon berada. TIdak hanya itu W3c juga membuat favicon agar bisa menggunakan format ekstensi lain selain .ico. Berikut contoh script nya:




<link rel=”shortcut icon” href=”/path/icon.png”>


Nah Itulah Sedikit Sejarah Mengenai Favicon. Update Terus blog Mexious, dan dapatkan informasi menarik seputar dunia IT

Wassalamualaikum wr.wb
Share This :
Muhammad Rifky Abimayu

Author Mexious Media. Mexious Media merupakan sebuah organisasi yang bergerak dibidang dunia IT, terutama untuk para DevOps & Programmer. Kami juga membuat banyak applikasi, yaitu WHOIS Tools & FreeDDNS .

Mohon Berkomentar Untuk Sopan Dan Tidak Menggunakan Link Aktif